7 Makanan Penyebab Rematik Yang Harus Anda Hindari

7 Makanan Penyebab Rematik – Penyebab penyakit rematik memang sangat banyak, mulai dari faktor usia, lingkungan, sampai dengan gaya hidup. Tetapi itu bukan berarti tidak ada cara untuk meminimalisir kemungkinan kita untuk terkena penyakit rematik.

7 Makanan Penyebab RematikRematik atau lebih sering dikenal di dunia kedokteran dengan nama rheumatoid arthritis merupakan salah satu penyakit auto imun yang berarti penyakit yang menyebabkan tubuh menyerang jaringannya sendiri.

Sistem imun tubuh menyerang sendi dan bagian lain dari tubuh yang menimbulkan gejala-gejala yang beragam tergantung masing-masing individu tetapi biasanya berupa rasa sakit, kelelahan, bengkak, sampai sendi kemerahan yang merupakan tanda dari radang.

Pada kesempatan ini kami akan membahas 7 makanan penyebab rematik. Makanan-makanan ini kebanyakan mengandung zat-zat yang berpotensi menjadi penyebab penyakit rematik.

Berikut Adalah 7 Makanan Penyebab Rematik Yang Harus Anda Hindari

1. Makanan yang di goreng serta makanan olahan

Makanan olahan serta digoreng dapat menjadi penyebab penyakit rematik karena meningkatkan terjadinya radang yang merupakan tanda-tanda penyakit rematik.

2. Makanan yang dimasak dalam temperatur tinggi

Masakan yang merupakan hasil dari memasak dengan temperature tinggi seperti makanan panggang – panggangan dapat juga menjadi penyebab penyakit rematik.

Hal ini karena pada saat makanan dipanaskan, di panggang, atau digoreng dihasilkan sebuah racun yang disebut dengan nama AGE. AGE merusak protein tertentu dalam tubuh, dan untuk mengatasinya tubuh secara otomatis memproduksi zat bernama sitokin yang dapat menyampaikan radang.

3. Gula serta karbohidrat olahan

Mengkonsumsi gula yang berlebih dapat juga menghasilkan AGE yang telah disebutkan pada jenis makanan sebelumnya. Kurangi makan makanan manis seperti permen, kue berbahan tepung terigu dan makanan – makanan olahan untuk mengurangi rasa sakit akibat rematik.

4. Makanan-makanan hasil olahan susu

Makanan yang merupakan hasil dalam pengolahan susu juga dapat menjadi penyebab penyakit rematik. Hal ini terjadi karena makanan tersebut mengandung protein yang untuk sebagian orang dapat membuat terjadinya iritasi pada jaringan di sekitar sendi.

Solusi termudahnya yaitu dengan mengubah sumber protein dalam makanan melalui sayur – sayuran seperti tahu, kacang-kacangan, serta bayam.

5. Konsumsi alkohol serta rokok

Alkohol serta rokok merupakan penyebab berbagai jenis penyakit, termasuk yang berhubungan dengan sendi. Salah satunya merupakan rematik.

Seseorang yang merupakan perokok memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terkena penyakit rematik, sedangkan seseorang yang gemar mengkonsumsi alkohol memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terkena penyakit encok.

6. Garam serta bahan pengawet

Konsumsi garam yang berlebihan untuk sebagian orang dapat mengakibatkan munculnya radang pada sendi. Bahan pengawet atau penambah rasa buatan juga menghasilkan efek yang dapat merusak tubuh dan sebaiknya dikonsumsi seminimal mungkin.

7. Minyak jagung

Kebanyakan makanan serta snack yang dipanggang mengandung minyak jagung atau minyak lain yang kaya akan asam lemak omega 6. Meskipun memiliki rasa yang cenderung lezat zat ini dapat mengakibatkan terjadinya peradangan. Hal ini dapat dibantu dengan mengganti konsumsi omega 6 menjadi omega 3 yang ada dalam minyak zaitun.

Itulah 7 makanan penyebab rematik yang harus anda hindari. Jika anda tidak puas dengan artikel diatas, anda dapat membacanya lebih lengkap di Bahaya Dan Cara menyembuhkan Rematik!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *