8 Jenis Makanan Tinggi Omega 3

By | June 30, 2017

8 Jenis Makanan Tinggi Omega 3 – Asam lemak omega 3 adalah asam lemak esensial, juga dikenal sebagai asam lemak tak jenuh. Pada dasarnya lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Omega tiga memiliki peran penting dalam fungsi otak. Selain itu, omega 3 juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Lemak ini tidak diproduksi di dalam tubuh, jadi harus diperoleh dari makanan dan suplemen.

8 Jenis Makanan Tinggi Omega 3

Menurut penelitian, asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam mengurangi peradangan. Omega 3 dapat menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker dan artritis. Baca juga: Obat herbal lipoma membesar tanpa operasi

Bayi yang tidak mendapatkan cukup asam lemak omega 3 dari ibu mereka selama kehamilan beresiko mengalami masalah penglihatan dan saraf. Gejala defisiensi asam lemak omega-3 meliputi memori yang buruk, kelelahan, kulit kering, masalah jantung, mood swings, depresi dan sirkulasi yang buruk.

8 Jenis Makanan Tinggi Omega 3 Akan Membantu Memenuhi Asupan Omega 3 Anda

1. Minyak Ikan

Minyak ikan mungkin adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 yang paling penting. Minyak ikan sering digunakan sebagai suplemen omega-3 yang paling banyak digunakan. Maka tidak heran berbagai macam produk suplemen minyak ikan sering ditemukan banyak dipasaran. Salah satu sumber omega 3 terbaik adalah minyak ikan yang terdapat pada ikan salmon. Ikan salmon yang dibudidayakan mengandung sekitar 1,8 gram omega 3 per 3 ons dan memiliki jumlah omega 3 lebih banyak daripada ikan salmon liar. Baca juga: Obat Herbal Cacar Air 

Jenis ikan lainnya pun tak kalah penting dan tak kalah akan kandungan omega 3 nya, seperti ikan tuna, ikan herring, udang, makarel, ikan trout, ikan asin, sarden dll.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai kandungan omega 3 pada berbagai jenis ikan. Di bawah ini adalah beberapa ikan dan kerang yang populer dan perkiraan kandungan omega 3 masing-masing per porsi 4 ons:

  • Salmon: 1,200-2,400 mg
  • Ikan teri: 2,300-2,400 mg
  • Tuna sirip biru: 1.700 mg
  • Tuna kuning: 150-350 mg
  • Tuna kalengan: 150-300 mg
  • Sarden: 1,100-1,600 mg
  • Trout: 1.000-1,100 mg
  • Kepiting: 200-550 mg
  • Cod: 200 mg
  • Kerang: 200 mg
  • Lobster: 200 mg
  • Nila: 150 mg
  • Udang: 100 mg

2. Minyak Zaitun

Salah satu jenis minyak lainnya yang mengandung omega 3 terbaik adalah minyak zaitun. Selain asam lemak, minyak zaitun juga kaya akan senyawa fenolilk seperti ester dari tyrosol dan hydroxytyrosol, termasuk oleocanthaldan oleuropein yang bersifat asam dan menjadikan minyak zaitun memiliki rasa pahit dan sedikit pedas.

Dalam setiap 100 gram minyak zaitun mengandung 0.8 gram omega 3, Hal ini menunjukan kandungan omega 3 yang dimiliki minyak zaitun cukup untuk memenuhi kebutuhan omega 3 harian anda. Baca juga: Obat herbal campak pada bayi

3. Minyak Biji Rami

Jika anda tidak suka mengkonsumsi makanan jenis ikan, maka flaxseed atau biji rami adalah salah satu alternatif omega-3 untuk anda. Biji rami tinggi akan kandungan alfa-linolenat (ALA), yaitu jenis asam lemak omega-3 berbasis tumbuhan.

ALA merupakan satu dari dua asam lemak esensial yang harus anda dapatkan dari makanan yang anda konsumsi, karena pada dasarnya tubuh anda tidak dapat memproduksinya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ALA sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Baca juga: Cara mengobati luka bekas operasi caesar

Tiap satu sendok biji rami mengandung 1.597 mg asam lemak omega 3. Selain itu, minyak biji rami juga mengandung berbagai vitamin seperti Vitamin B1, Vitamin B6.

4. Telur Omega 3

Selain asam lemak omega 3 yang terdapat pada beberapa jenis sayuran seperti diatas. Telur yang merupakan salah satu sumber protein juga mengandung cukup tinggi omega 3. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua telur mengandung tinggi omega 3. Ada beberapa jenis telur yang dikhususkan kaya akan omega 3, telur ini disebut telur omega. Telur omega 3 dihasilkan dari produksi ayam petelur yang diberi suplemen omega 3, Hasilnya tingkat omega 3 lebih tinggi daripada telur ayam biasa, hal ini bisa mencapai perbandingan 10 kali lipat. Baca juga: Obat herbal muntaber

5. Kembang kol

Kembang kol juga mengandung sejumlah baik asam lemak omega-3 yang membuat sayuran berdaun ini cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Selain omega 3, kembang kol juga kaya akan nutrisi seperti potasium, magnesium, dan niasin.

6. Ikan Sarden

Sarden merupakan ikan laut yang sering ditemui dalam makanan kaleng dan merupakan sumber omega 3 yang baik, tiap 100 gram ikan sarden mengandung 1.480 mg omega 3. Konsumsi ikan sarden tiap hari akan memenuhi kebutuhan harian omega 3 anda. Akan tetapi untuk anda yang memiliki kadar asam urat tinggi, ikan sarden menjadi salah satu makanan pantangan penderita asam urat. Hal ini dikarenakan ikan sarden mengandung tinggi purin yang akan memicu penyakit asam urat. Sebaiknya aturlah konsumsi ikan sarden agar tidak terlalu berlebihan.

7. Ikan teri/Ikan Bilis

Ikan teri atau ikan bilis banyak dijumpai di Indonesia dan dijadikan menu masakan. Ikan teri/ikan bilis ini adalah sumber niasin dan selenium, juga kaya akan kalsium. Ikan ini juga tinggi akan omega 3. Tiap 100 gram ikan teri mengandung 2.113 mg omega 3.

8. Ikan Haring

Ikan Haring cukup populer di negara-negara seperti inggris dan oleh mereka sering digunakan sebagai menu sarapan pagi, di mana biasanya disajikan dengan telur dan disebut kippers. Satu potongan iakn ini mengandung hampir 100% dari RDI untuk vitamin D dan selenium, dan 50% dari RDI untuk B12. Kandungan tinggi Omega 3 adalah 1.729 mg per 100 gram. Baca juga: Obat herbal jerawat batu

Itulah 8 Jenis Makanan Tinggi Omega 3 yang dapat anda konsumsi tiap harinya. Asam lemak omega 3 ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak dan sering dikaitkan dengan kecerdasan. Asam lemak juga dapat melawan lemak jahat dalam darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Selain itu, asam lemak omega 3 dapat mengatasi penyakit jantung. Berikut adalah beberapa manfaat asam lemak omega 3 untuk kesehatan tubuh:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengurangi risiko kanker
  • Membantu mencegah demensia
  • Mencegah mata kabur
  • Meredakan peradangan pada artritis rematoid
  • Mengurangi risiko depresi
  • Meningkatkan daya ingat
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengurangi rasa nyeri haid
  • Mengurangi risiko pembekuan darah
  • Menurunkan kadar trigliserida

Suplemen Omega 3 Terbaik

8 Jenis Makanan Tinggi Omega 3Jika pada jenis makanan tertentu saja tidak dapat memenuhi kebutuhan asupan omega 3 anda. Maka salah satu alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi suplemen omega 3. Suplemen yang bernama Deep Sea Fish Oil Softgel terbuat dari minyak ikan terbaik dan diproses secara modern dengan menggunakan teknologi tinggi sehingga menghasilkan prodik berkualitas, aman, dan berkhasiat.

Suplemen minyak ikan ini aman tanpa efek samping. Jika anda berminat untuk membeli produk kesehatan kami suplemen minyak ikan Deep Sea Fish Oil Softgel, silahkan klik DISINI.

Artikel terkait

Temukan kami di sosial media: Facebook / Twitter / Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *