Bahaya HIV AIDS Dan Cara Pencegahanya

By | January 23, 2017

Bahaya HIV/AIDS Dan Cara Pencegahanya -HIV AIDS adalah penyakit yang menakutkan. HIV/AIDS merupakan penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia, dimana sistem kekebalan tubuh yang menjadi benteng perlindungan tubuh terhadap penyakit, menjadi rusak karenanya.

Bahaya HIV AIDS Dan Cara Pencegahanya

Bahaya HIV AIDS Dan Cara PencegahanyaAIDS adalah kondisi tahap akhir dari infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Bila seseorang mempunyai HIV positif dan tidak diobati, maka kondisi akan memburuk dan akan menjadi penyakit AIDS dimana sistem kekebalan tubuh begitu terganggu sehingga berhenti bekerja (defisiensi). Sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi melindungi seseorang dari penyakit atau infeksi. Baca juga: Obat Tradisional Benjolan Di Punggung

Penyakit HIV/AIDS ini menjadi momok yang mengerikan karena virus penyebabnya dapat ditularkan dari orang-orang dengan HIV positif melalui pertukaran cairan tubuh, yaitu melalui hubungan seksual, transfusi darah, penggunaan jarum suntik terkontaminasi atau menular dari ibu ke anak selama kehamilan.

Penyebab HIV AIDS dan Cara Penularan:

Mencegah lebih baik daripada mengobati itulah kata-kata yang pas dalm kondisi ini. Virus HIV mudah menyebar melalui hal-hal berikut ini:

  • Berisiko tinggi pada orang yang memiliki “partner” yang banyak.
  • Berhubungan dengan penderita HIV positif tanpa pelindung (kondom)
  • Penggunaan pernak-pernik yang tidak aman, misalnya tindik dengan alat yang tidak steril, atau menggambar tato dengan alat terkontaminasi.
  • Ibu ke anak saat dalam kandungan, kelahiran, menyusui.

Virus HIV tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia dan mati dengan cepat ketika tubuh telah mengering. Ini sebabnya mengapa HIV tidak dapat disebarkan oleh serangga, tidak dapat menyebar seperti virus flu (memegang permukaan fasilitas umum, batuk, bersin, dll). Baca juga: Cara Menyembuhkan Bisul Yang Sudah Pecah Secara Alami

Pencegahan HIV/AIDS

  • Tidak melakukan hubungan seksual tidak aman dengan pasangan yang telah terinfeksi.
  • Tidak mengkonsumsi narkoba. Terutama narkoba suntik. Karena pada umumnya kita jika melakukan narkoba suntik hanya memiliki satu jarum suntik, sehingga satu buah jarum suntik dipakai untuk banyakan (massal). Sehingga bisa saja diantara mereka memiliki penyakit HIV AIDS sehingga tertular ke semuanya. Namun apapun jenis narkobanya dapat memberikan pengaruh buruk bagi tubuh kita.
  • Memastikan transfusi darah dari orang yang tidak terinfeksi. Pada saat ini, PMI telah memeriksa kualitas darah transfusi yang mereka kelola.
  • Mengetahui informasi tentang HIV AIDS dengan benar.

Nah itulah informasi tentang bahaya hiv aids dan cara pencegahanya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda semua. Baca juga: Obat Tradisional Hidrosefalus

 

Bahaya HIV AIDS Dan Cara Pencegahanya

 

Artikel terkait

Temukan kami di sosial media: Facebook / Twitter / Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *