Makana Untuk Meningkatkan Daya Ingat

By | July 13, 2017

Makana Untuk Meningkatkan Daya Ingat – Meskipun hanya mewakili 2% dari total berat badan, tapi otam membutuhkan asupan nutrisi sepuluh kali lebih besar daripada organ tubuh lainnya. Untuk fungsinya, penggunaan tidak hanya memiliki kurang dari 20% asupan kalori per hari. Selain kalori, otak juga membutuhkan nutrisi sebagai makanan untuk neuron kita. Lalu apa saja makanan yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak?

Inilah 10 Makana Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda

1. Minyak Ikan

Lebih dari 50% dari massa otak terdiri dari lipid, dan lebih dari 70% dari mereka adalah asam lemak salah satunya adalah omega 3 . Asam lemak ini berperan penting dalam pembangunan dan pemeliharaan sel-sel otak. Asam lemak juga memainkan peran dalam aktivitas neuron. Baca juga: 8 jenis makanan tinggi omega 3

Kekurangan omega 3 adalah penyebab kerusakan fungsi intelektual dan gangguan memori. Oleh karena itu jika anda ingin memiliki otak yang cerdas, penuhilah asupan lemak omega 3 anda. Minyak ikan adalah sumber terbaik omega 3, tetapi jika Anda tidak menyukai minyak ikan, anda dapat mengkonsumsi minyak kacang yang tinggi omega 3.

2. Kacang-Kacangan

Selain minyak ikan, kacang-kacangan adalah sumber terbaik kedua dari asam lemak Omega-3, Omega-6, folat, vitamin E, dan vitamin B6. Kacang kenari, almond, kacang tanah, dan hazelnut mengandung lemak baik yang membantu memberdayakan otak. Sementara itu Vitamin E dalam kacang akan membantu menunda melemahnya memori karena usia. Asam lemak esensial dalam kacang akan memastikan sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga memastikan kesehatan otak.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan kuat yang melindungi terhadap radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Di antara banyak manfaat lainnya, konsumsi rutin teh hijau dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan mental dan memperlambat penuaan otak.

4. Buah-Buahan Dan Sayuran Berwarna

Tomat dan jeruk serta buah-buahan dan sayuran berwarna oranye atau merah kaya akan beta karoten, yaitu pigmen yang mengkonversi menjadi vitamin A sekali diserap oleh lambung.

Namun, vitamin A digunakan untuk membersihkan tubuh kita, dan terlebih lagi, dalam kepala kita. Memang, itu adalah vitamin antioksidan, yang berarti menyerang radikal bebas, zat-zat beracun yang merusak sel-sel kita. Selain itu, buah dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral, yang membantu melawan kelelahan dan stres.

5. Produk Susu

Produk susu seperti susu, yogurt dan keju yang dikenal untuk meningkatkan kewaspadaan dan memori. Susu kaya akan protein, vitamin B2 dan B12. Produk susu sangat dibutuhkan untuk fungsi otak.

6. Minyak Nabati

Lemak sangat penting untuk fungsi otak yang tepat, tapi jangan sembarangan memilih lemak. Minyak nabati adalah salah satu lemak yang kaya akan Omega-3 dan vitamin E, yang dapat melindungi otak dengan menetralisir radikal bebas. Minyak nabati terdapat: Minyak canola, minyak zaitun, minyak biji anggur, dan minyak kenari.

7. Jeroan

Jeroan mengandung zat besi lebih tinggi daripada bayam. Zat besi membantu transportasi oksigen ke otak, mempromosikan memori yang baik dan konsentrasi yang baik. Sayang sekali bahwa anak-anak biasanya tidak msuka terhadap jeroan, padahal jeroan dapat membantu dalam hal menghafal pelajaran.

8. Telur

Telur kaya akan vitamin B, telur juga menawarkan asam lemak penting untuk otak. Kuning telur mengandung kolin yang membantu dalam meningkatkan daya ingat.

9. Daging merah

Daging merah dan hati mengandung minyak diet yang sangat penting dalam memasok otak dengan oksigen sehingga bisa berfungsi secara normal.

10. Coklat

Coklatdapat berguna untuk mempromosikan memori verbal dan visual dan meningkatkan kontrol impuls dan saat reaksi. Coklat hitam dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Cokelat ajuga merupakan sumber flavanol yang baik, yang memiliki potensi untuk menjaga kesehatan otak. Studi yang dilakukan untuk meneliti manfaat kakao bagi otak menunjukkan, bahwa biji coklat yang sudah tua  bisa membantu mencegah penurunan kognitif dan demensia.

Itulah 10 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat anda. Walaupun demikian, konsumsilah secukupnya saja jangan berlebihan, karena beberapa makanan tertentu dapat menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. www.bosgamat.com

Artikel terkait

Temukan kami di sosial media: Facebook / Twitter / Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *